Rumus SUMIF Penjumlahan Beda Kolom Secara Massal Excel

Rabu, Oktober 21st 2015. | Tutorial

purwaka.web.id – Rumus SUMIF Penjumlahan Beda Kolom Secara Massal Excel – kadang kita mendapatkan suatu masalah dlam kerjaan kita seperti menghitung jumlah laba rugi barang yang pada rekapan data harus di sesuaikan dengan masing-masing jenis barang seperti studi kasus di dalam pembahasan tentang Rumus SUMIF Penjumlahan Beda Kolom Secara Massal Excel pada artikel disini. karena memang sudah saya coba untuk merapikan laporam-laporan klien saya dalam membuta rekapan data laporan laba rugi 🙂 semoga bagi anda yang sedang mendapatkan job yang sama dengan saya dapat memanfaatkan teknik Rumus SUMIF Penjumlahan Beda Kolom Secara Massal Excel .

walaupun sebenarnya bagi anda yang belajar excel secara baik dan benar maka semua fitur rumus excel bisa anda gunakan dengan baik dalam pekerjaan anda, tetapi bagi orang seperti saya yang tidak mendalami imu excel ya harus pandai-pandai mencari fungsi dan kegunaan suatu rumus di excel 🙂

Fungsi SUMIF digunakan untuk melakukan penjumlahan data dengan kriteria tertentu. Misal ingin menghitung berapa banyak barang tertentu yang terjual dalam sebuah toko computer.
Penulisan Syntax fungsi SUMIF adalah
SUMIF (range; criteria; [sum_range])
Penjelasan:
range digunakan untuk menentukan nilai dari range (sel-sel) yang ingin diuji atau dievaluasi.
criteria digunakan untuk menentukan kriteria dari data yang ingin dijumlahkan, kriteria ini bisa berupa angka, ekspresi ataupun teks. Contoh 33, “33”, “>33” atau “Laptop” dll.
sum_range adalah range (sel-sel) yang ingin dijumlahkan datanya. Untuk lebih memahami fungsi SUMIF perhatikan contoh sample berikut ini:
menjumlah beda kolom excel dengan sumif

menjumlah beda kolom excel dengan sumif

Pada gambar diatas terlihat sebuah data penjualan pada Toko Computer, Kita akan menghitung berapa banyak barang tertentu yang terjual. contoh penjualan LCD yang ditandai warna merah adalah 5 + 2 + 3 total 10. Jika datanya memang sedikit mungkin bisa diselesaikan dengan cara manual (hitung satu persatu) tapi jika datanya ada banyak misal ratusan atau ribuan data tentu akan banyak memakan waktu, untuk itulah cara terbaik menggunakan fungsi atau rumus SUMIF. Berikut rumus yang digunakan untuk menyelesaikannya: Pada Cell G5 (menghitung jumlah LCD yang terjual)
masukkan rumus:

=SUMIF(C5:C14;”LCD”;D5:D14) atau =SUMIF(C5:C14;F5;D5:D14)

semoga artikel tentang Rumus SUMIF Penjumlahan Beda Kolom Secara Massal Excel bermanfaat bagi anda, jangan lupa di share ke teman-teman anda ya, mungkin saja mereka sedang membutuhkannya , jangan lupa juga untuk membaca artikel kami lainnya seperti cara membuat daftar isi terlengkap

Incoming search terms:

tags: , ,

Related For Rumus SUMIF Penjumlahan Beda Kolom Secara Massal Excel